Skip to content

Makanan Bagi Penderita Diabetes Melitus

makanan bagi penderita diabetes

Memilih makanan bagi penderita diabetes memiliki peran yang sangatlah penting. Dengan tujuan untuk menjaga dan mengontrol kadar gula di dalam darah berada di angka normal. Pasien dengan diabetes tidak bisa leluasa dan serta merta mengonsumsi sembarang makanan. Pasalnya, bila salah dalam menetapkan makanan, kadar gula darah malah bisa meningkat. Untuk itu, patut dimengerti ragam makanan apa saja yang bisa diperuntukkan dan tidak direkomendasikan bagi penderita diabetes.

Perlu dipahami bahwa resiko yang akan timbul bila ada peningkatan kadar gula darah pada penderita diabetes betul-betul membahayakan dan akan memberi dampak negatif pada kesehatan mereka. Seperti kelelahan, pusing, gangguan penglihatan, kerusakan saraf, gagal ginjal, penyakit jantung, lebih rentan lagi bisa terkena infeksi dan luka, bahkan bisa kehilangan kesadaran atau koma. Penentuan makanan untuk penderita diabetes melitus sekali lagi memang harus dirinci.

Salah satu kunci utama untuk mengendalikan dan menjaga kadar gula dalam situasi stabil (normal) yaitu menu makanan yang pas. Maksudnya menu yang akan menyuguhkan manfaat terhadap keberhasilan pengobatan diabetes melitus yang sedang diderita serta tidak akan memperburuk situasi penyakit. Dengan berkonsultasi pada ahli nutrisi atau dokter maupun herbalis CakCip merupakan upaya yang akan betul-betul menolong.

Baca Juga : Berapa Kadar Gula Darah Normah, Rendah Dan Tinggi?

Makanan Terbaik Untuk Penderita Diabetes Melitus

Tugas berat bagi pendamping orang yang menderita diabetes melitus, apalagi yang sudah tingkat lanjut alias kronis. Salah mengonsumsi makanan sedikit saja, bisa memberi pengaruh terhadap situasi penyakitnya. Oleh sebab itu, patut bagi pendamping atau pasien sendiri untuk memiliki daftar makanan yang baik bagi kesehatan mereka. Lebih bagus lagi makanan tersebut bisa menyokong terapi pengobatan yang sedang dikerjakan. Berikut ringkasan anjuran makanan bagi penderita diabetes melitus :

1. Sayur-Sayuran

Siapa yang tidak tahu bahwa sayuran yakni anjuran nutrisi yang patut untuk dijadikan pilihan utama? Bagi yang sudah terbiasa dengan ranjang perawatan mungkin sudah hafal dengan menu pilihan ini. Sebab memang patut mereka konsumsi tiap hari. Keperluan akan vitamin dan mineral bisa tercukupi dengan konsumsi rutin sayuran. Disamping itu, banyak sayuran juga yang mengandung serat tinggi sehingga cukup memberikan alasan untuk direkomndasikan bagi pasien.

Dengan banyaknya sayuran yang tersedia, anda bisa berganti-ganti supaya rasa jenuh tidak menyerang. Diantara sayur-sayuran yang bisa dipilih yaitu bayam, brokoli, asparagus, terong, wortel, zuccini dan labu.

2. Buah-Buahan

Bolehkah penderita diabetes melitus mengonsumsi buah-buahan? Tentu saja boleh. Banyak buah-buahn yang mengandung gula natural, tetapi anda tidak bisa dengan sembarangan mengkonsumsinya setelah mendengar kata-kata gula natural. Konsultasikan terlebih dulu pada dokter anda. Buah jeruk, anggur, kiwi, pisang, apel, tomat, ceri, dan strawberry merupakan yang termasuk bisa dikonsumsi oleh pasien diabet.

3. Biji-Bijian

Kandungan nutrisi karbohidrat komplek yang tinggi akan serat biasa dimiliki oleh banyak ragam biji-bijian. Dengan begitu, gula yang terkandung di dalamnya secara pelan akan mampu diserap oleh tubuh. Hal tersebut akan menguntungkan bagi penderita diabetes yang bila mengkonsumsinya, tidak perlu khawatir gula darahnya akan naik secara drastis.

Dari ragam biji-bijian mungkin masih belum terlalu familiar bagi penduduk indonesia. Tapi, manfaatnya sudah tersebar luas dan tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Termasuk diantara contoh makanan dari biji-bijian yaitu beras merah, gandum dan oatmeal serta bawaan produksinya.

4. Kacang-Kacangan

Merupakan salah satu pilihan makanan untuk penderita diabetes yang aman, sebab kacang termasuk kaya serat dan protein. Disamping itu, kacang juga mengandung karbohidrat kompleks dengan indeks glikemik yang rendah. Hal ini membikin kacang akan lebih lama diubah menjadi glukosa, sehingga tidak menyebabkan kenaikan kadar gula darah secara cepat. Tak berhenti sampai di situ, kacang diperkaya akan magnesium, yang turut berperan menjaga kestabilan kadar gula darah.

Tetapi perlu dilihat, meskipun kacang bisa dijadikan camilan sehat, kacang yang tinggi kalori berpotensi bisa menyebabkan kenaikan berat badan bila dikonsumsi dalam jumlah yang banyak. Sebab berat badan betul-betul berkaitan erat dengan yang namanya diabetes melitus. Berat badan yang berlebih merupakan salah satu pemicu penyakit gula ini. Oleh sebab itu, bijaklah dalam mengonsumsi kacang. Ambil dengan jumlah porsi yang sewajarnya saja.

Alternatifnya, daripada anda membeli kacang kemasan tinggal makan yang banyak dijual di pasaran, sebaiknya anda beli kacang mentah dan diolah sendiri di rumah. Akan lebih sehat dan bisa pantas dengan selera pribadi. Diantara beberapa pilihan kacang yang paling baik untuk dikonsumsi yakni almond, kenari, mete, pistachio, tanah dan kacang merah.

5. Daging Dan Ikan

Kedua ragam makanan ini merupakan sumber protein yang betul-betul penting untuk penderita diabetes. Seperti makanan yang mengandung serat tinggi, makanan berprotein juga akan dicerna lebih lama oleh tubuh. Sehingga, hal ini membikin energi yang tersedia di dalam tubuh stand by lebih lama dan kadar gula darah lebih terkontrol. Sebagian makanan dari sumber protein yang baik untuk penderita diabetes diantaranya yaitu daging tanpa lemak, ayam tanpa kulit, tahu, tempe, telur dan ikan.

6. Susu Dan Produknya

Tak seluruhnya produk susu bisa bebas anda konsumsi. Susu mengandung kalsium dan protein tinggi yang dibutuhkan bagi kesehatan. Oleh sebab itu, pertimbangan yang matang betul-betul diperlukan bila anda berkeinginan mengonsumsi salah satu produk susu ini. Beberapa diantara produk susu yang boleh diberikan ke penderita diabetes yaitu keju parmesan, ricotta, atau cottage. Disamping itu susu skim atau yang rendah lemak juga boleh. Terakhir yogurt probiotik rendah lemak bisa dijadikan pilihan untuk dikonsumsi.

susu dan makanan bagi penderita diabetes

7. Minuman

Untuk ragam yang ini diharuskan dan diwajibkan lebih hati-hati dalam memilihnya. Banyak produk minuman yang beredar di pasaran, mengandung gula tersembunyi sehingga bisa berpotensi menganggu cara kerja terapi pengobatan penyakit ini. Gula yang terkandung di dalamnya akan berdampak pada kadar gula darah. Namun ada sebagian minuman yang bisa anda pilih, seperti air mineral murni atau lebih bagus air zamzam, kopi tanpa gula pemanis, teh tanpa gula pemanis serta jus buah tanpa gula.

Anda juga bisa membikin menu minuman sendiri dengan bahan rempah. Salah satunya dengan minuman yang terbuat dari kayu manis. Namun, penting untuk dipahami bahwa kayu manis tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan. Sebab memang manfaatnya yaitu bersifat untuk menurunkan kadar gula darah saja. Intinya segalanya tetap mengamati komposisi dan dosis minuman yang akan dikonsumsi!

minuman dan makanan bagi penderita diabetes

Baca Juga : Gejala-Gejala Diabetes Melitus

Nutrisi Tepat Pensupport Makanan Bagi Penderita Diabetes Melitus

Setelah mengamati dari daftar yang bisa dijadikan menu makanan untuk penderita diabetes, bisa disimpulkan bahwa sejatinya tidaklah jauh berbeda dengan masyarakat pada lazimnya. Hanya saja bagi penderita diabetes lebih ditekankan terhadap menu yang seimbang. Yang tidak kalah pentingnya yaitu pastikan tiap menu makan harian anda mengandung nutrisi seimbang seperti serat, protein, karbohidrat, dan pelbagai mineral serta vitamin lainnya.

Sangat pentingnya nutrisi bagi penderita diabetes, bisa jadi sama dengan kebutuhan mereka akan obat diabetes yang dikonsumsi. Akan tetapi, obat diabetes selama ini kebanyakan memang cuma berorientasi menurunkan kadar gula saja tanpa bisa menyembuhkan penyaki diabet itu sendiri. Sehingga kans sembuh anda bisa diperoleh dari nutrisi yang bermanfaat untuk membantu pengobatan diabetes sampai tuntas.

Disamping anda masih mengonsumsi atau melaksanakan terapi dengan suntik insulin (tergantung situasi berat tidaknya penyakit dan resep yang diberikan oleh dokter), asupan nutrisi bisa dijadikan senjata ampuh untuk meraih kesembuhan. Dengan syarat kualitas nilai nutrisinya memang tinggi dan sudah terbukti. Pertanyaannya, apakah ada (produk) yang bisa memberikan itu?

Alga Gold Cereal merupakan solusi yang tepat bagi anda. Kombinasi bahan-bahan yang bermutu tinggi serta berdasar dari hasil riset dan uji klinis, membuahkan sebuah produk yang luar biasa. Alga Gold mampu memberikan asupan nutrisi terhadap tubuh supaya bisa “kembali lagi” seperti sedia kala. Penyakit diabetes yang berawal dari rusaknya organ-organ jaringan dalam tubuh, akan sembuh sedikit demi sedikit. Rekonstruksi lambung dan organ lainnya akan berdampak positive dalam penyembuhan diabetes melitus.

Penyembuhan Diabetes Melitus dengan Alga Gold Cereal dengan pengobatan Konsep KarNus, akan menuntaskan penyakit gula sampai ke akar masalah. Disamping akan cukup untuk sampai terhadap kesembuhan cuma dengan pengobatan yang lazim. Perlu adanya nutrisi penyokong seperti Alga Gold Cereal untuk meraih kesehatan anda kembali. Dalam pengobatan dengan Konsep Karnus membutuhkan waktu dan usaha yang panjang. Sebagaimana waktu terjadinya prosesnya penyakit dan diagnosa potitive diabetes melitus.

Suplemen makanan bernutrisi bukanlah obat atau pun jamu. Jikalau obat atau jamu begitu dikonsumsi akan segera nampak hasilnya dalam beberapa menit atau jam, maka tidak demikian dengan suplemen makanan seperti Alga Gold Cereal ini.

Alga Gold Cereal jadi pendamping makanan bagi penderita diabetes

ALGA GOLD CEREAL

Kiat-Kiat Selama Masa Terapi dengan Konsep Karnus

Berupaya untuk sebisa mungkin mengontrol atau menghindari asupan gula dan garam tambahan, serta yang mengandung lemak jahat sehingga perlu minum susut lemak. Jangan sampai terlewat juga mengenai takaran tiap porsinya supaya ideal cocok dengan kebutuhan kalori anda. Dari sini betapa pentingnya ukuran dan porsi makanan atau minuman yang masuk ke dalam tubuh diabetesi.

Perhatikan juga frekuensi jam makan anda yang punya diabetes, direkomendasikan bagi anda untuk makan dalam porsi kecil namun dengan jumlah yang sering. Dokter dan ahli nutrisi sepakat akan hal ini yaitu bahwa diabetesi lebih baik makan sedikit-sedikit namun sering sepanjang hari, daripada seketika makan besar cuma tiga kali dalam sehari. Sebab, makan dalam porsi yang besar berpotensi memicu peningkatan kadar gula dalam darah secara drastis dan kencang. Bagi orang dengan diabetes melitus, situasi tersebut bisa memperparah diabetes mereka.

TIDAK JADI AMPUTASI SETELAH RUTIN MINUM ALGA GOLD CEREAL

PASIEN DIABET TIDAK JADI AMPUTASI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *