Skip to content

Jual Kapsul Black Garlic Di Surabaya

Black Garlic Mampu Mengatasi Berbagai Masalah Penyakit

Bawang hitam (black garlic) adalah bawang putih (Allium sativum L.) yang difermentasi selama kurun waktu tertentu pada suhu dan kelembaban yang tinggi. Proses ini membuat siung menjadi berwarna gelap dengan rasa yang sedikit manis dan konsistensi yang kenyal dan mirip seperti jelly. Lama fermentasi dalam pembuatan bawang hitam bergantung pada cara pembuatan dan tujuan pembuatannya.

Asal mula sejarah bawang hitam hingga kini masih kontroversial. Namun, bahan pangan ini sudah berabad-abad digunakan di Korea Selatan, Jepang, dan Thailand, juga diperkenalkan ke Taiwan dan banyak negara lain 10 tahun lalu. Bawang hitam juga sudah digunakan oleh beberapa chef dalam sajian ayam, ikan, sup, dan risotto.

Jual Black Garlic Kapsul Di Surabaya

Dibandingkan dengan bawang putih segar, bawang hitam tidak mengeluarkan flavor yang kuat, khas bawang putih. Ini disebabkan karena senyawa khas dari bawang putih, Allicin, diubah menjadi senyawa antioksidan, misalnya alkaloid bioaktif dan sejumlah senyawa flavonoid selama terjadinya fermentasi.

Perubahan sifat fisikokimia juga terjadi karena peningkatan bioaktivitas dari bawang hitam dibandingkan bawang putih. Selain sebagai konsumsi harian, beberapa studi menyebutkan bahwa ekstrak bawang hitam dapat berfungsi sebagai antioksidan, antialergi, antidiabetes, antiinflamasi, antialergi, antidiabetes, dan antikarsinogenik.

Kandungan Kimia Bawang Putih

Bawang putih mengandung 63% air, 28% karbohidrat (dalam bentuk fruktan), 2,3% senyawa organosulfur, 2% protein (allinase), 1,2% asam amino bebas (arginin), dan 1,5% serat. Bawang putih juga mengandung glutamilsistein. Mengapa komponen glutamilsistein penting, karena molekul ini akan terhidrolisis dan teroksidasi selama penyimpanan membentuk alliin, dan selanjutnya dalam pengolahan lanjutan (misalnya pengirisan, pengunyahan, dll) akan membentuk senyawa-senyawa lain, salah satunya allicin.

Pada proses fermentasi bawang hitam, pemanasan akan mengubah senyawa-senyawa kimianya menjadi senyawa Amadori/Heyn, dimana senyawa ini adalah senyawa perantara dalam reaksi Maillard. Kualitas bawang hitam sangat bergantung pada cara pembuatannya. Tetapi yang jelas, bawang hitam mengandung senyawa fungsional yang lebih banyak dibanding bawang putih.

Proses Fermentasi

Sederhananya, black garlic atau bawang hitam adalah bawang putih segar yang difermentasi pada suhu, kelembaban dan periode tertentu. Berbeda dengan fermentasi pada umumnya yang melibatkan ragi, proses fermentasi black garlic hanya melibatkan suhu dan kelembaban. Selama proses fermentasi terjadi, bawang putih mengalami perubahan kandungan senyawa-senyawa fitokimia yang bersifat bioaktif.

Proses fermentasi Black Garlic Kapsul Di Surabaya

Salah satunya adalah konversi senyawa alisin (allicin) menjadi turunan antioksidan lainnya oleh enzim yang aktif akibat kondisi panas dan kelembaban yang diberikan. Alisin memberikan rasa dan aroma yang kuat khas bawang putih segar, maka saat kandungan alisin menurun, aroma dan rasa bawang hitam tidak seperti bawang putih segar. Bawang putih yang biasa digunakan sebagai bahan baku black garlic adalah bawang tunggal karena setelah diteliti, bawang jenis ini memiliki kandungan antioksidan yang lebih tinggi dari pada bawang putih segar.

Fakta yang menarik pula bahwa warna hitam yang dimiliki oleh black garlic berasal dari senyawa Amadori/Heyns yang erat kaitannya dengan reaksi Maillard. Akibat proses fermentasi tersebut, bawang putih ini akhirnya menghitam dan memiliki tekstur yang lembut serta rasa yang manis. Selain itu, black garlic (BG) atau bawang hitam, bukanlah jenis pangan baru karena ternyata bawang hitam sudah lama dikonsumsi oleh penduduk negara-negara di Asia seperti Korea Selatan, Thailand dan Jepang sejak berabad-abad yang lalu. 

Pada dasarnya tidak ada satu pun yang bisa menjamin jika, Bawang Hitam dapat memberikan hidup yang hidup selamanya, tapi bisa dipastikan kalau manfaat Bawang Hitam dua kali lebih besar dari bawang putih. Di negara Thailand, Bawang Putih Hitam terkenal sebagai penambah usia dan diaplikasikan secara unik dalam pembuatan coklat.

Meskipun awalnya Bawang Hitam tidak begitu terkenal seperti Bawang Putih, namun nampaknya saat ini Black Garlic yang merupakan hasil fermentasi dari bawang putih ini kini sedang naik daun. Khasiatnya banyak dipuji oleh para ahli di bidang herbal dan pengobatan pengganti.

Agen Black Garlic Kapsul Di Surabaya

Melihat bawang putih adalah bahan anti kanker nomer satu, maka Black Garlic diklaim mempunyai kelebihan 10 kali dari khasiat bawang putih biasa. Begitu juga dengan penyakit lain, dimana khasiatnya diklaim 10 kali lipat dari bawang putih.

Black Garlic mempunyai sifat antioksidan 2 kali lebih tinggi dibandingkan dengan bawang putih biasa. Sekolompok orang meyakini bahwa Black Garlic atau Bawang Hitam mengandung S-allycysteine, yaitu suatu senyawa yang tengah diperbincangkan sebagai komponen alami yang telah dibuktikan bisa mencegah timbulnya penyakit kanker.

Khasiat :

  • Sebagai penawar racun
  • Menghambat pertumbuhan sel kanker
  • Menghindarkan dan resiko penyakit jantung
  • Mengobati hypertensi
  • Menurunkan kolesterol dalam darah
  • Menjaga stamina tubuh
  • Meningkatkan insulin darah bagi penderita diabetes
  • Membantu meredakan stress depresi

Komposisi : Garlic

Aturan Pakai :

Untuk kesehatan : 3 x 1 kapsul/hari
Untuk pengobatan : 3 x 2-3 kapsul/hari

Walaupun bawang hitam baik untuk kesehatan, namun sebaiknya jika anda memiliki alergi dengan bawang putih hindari saja, dan juga jika anda sedang mengalami sakit kepala migrain dan ingin menejalani operasi dalam waktu dekat sebaiknya anda tunda dulu untuk mengkonsumsi bawang hitam.

Tidak baik bagi :

– Orang yang alergi bawang putih
– Orang yang akan menjalani pembedahan dalam waktu dekat
– Orang yang sedang Migrain

Cara Penyimpanan :

– Simpan dalam tempat tertutup
– Simpan dalam tempat yang sejuk
– Jauhkan dari daerah yang lembab
– Hindari cahaya matahari secara langsung

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *