Skip to content

Jual Sarang Semut Di Surabaya

Sarang Semut Yang Kaya Khasiat

Sebelum ini pernah kami share tentang beberapa tanaman yang namanya disandingkan dengan nama binatang atau mengandung unsur nama binatang :). Nah untuk kesekian kali, kita berjumpa lagi dengan nama tanaman yang terkait dengan nama binatang yaitu sarang semut. Berbicara tentang sarang yang terbersit dalam benak kita biasanya adalah sebuah tempat tinggal yang ditempati oleh sekelompok hewan. Namun perlu kita ketahui, sarang semut disini bukanlah segundukan tanah atau lubang-lubang yang terdapat di tanah, di batang pohon, di tembok atau dinding bangunan, yang dimana ratusan ribu hingga jutaan koloni semut tinggal, bisa semut salimbada, sarang semut rangrang, semut merah, semut putih, semut hitam, dan semut-semut lainnya. Sejatinya sarang semut hanyalah suatu istilah untuk menyebut segolongan tanaman dari genus mirmekofita epifit, yang memiliki arti tanaman yang ikut menumpang pada tumbuhan dan pohon-pohon lain. Walaupun sarang semut ini ikut menumpang pada pohon inangnya yang tinggi-tinggi, dan di beberapa daerah di dunia disebut dengan benalu hutan, akan tetapi sarang semut tidak bersifat parasit seperti benalu. Tumbuhan ini memiliki simbiosis yang cukup unik dengan pohon inangnya.

 

Jual Sarang Semut Surabaya

 

Banyak sekali sebutan yang diberikan untuk tumbuhan unik ini. Sarang semut dalam arti bahasa Inggris adalah dikenal sebagai ant plant, di negara Thailand dikenal dengan Hua Roi Ru. Di negara jiran Malaysia dikenal dengan sebutan periok hantu, perutak, atau sembuku, sedangkan di negara Vietnam dikenal dengan nama sebutan ki nan, ki nam gai, ki nam kin. Di Papua sering juga disebut nongon, lokon, suhendep. Di Jawa, sarang semut dikenal dengan sebutan urek-urek polo, sedangkan di Sumatera disebut rumah semut atau kepala beruk. Di Kalimantan Tengah tanaman ini dikenal dengan sebutan sebagai angkis, anggrek sarang semut, atau anggrek tengkorak.

Istilah latin dari tumbuhan sarang semut adalah hydnon yang memiliki arti umbi dan phyton yang berarti tanaman yang bahasanya diambil dari bahasa Yunani. Dan juga myrmekodes yang mempunyai arti seperti semut atau penuh semut. Karenanya dua genus yang terbesar dari tumbuhan epifit sarang semut disebut dengan Myrmecodia dan Hydnophythum. Tumbuhan epifit sarang semut mempunyai batang menggelembung berupa umbi dengan diameter sekitar 30 cm. Di dalam batang tersebut banyak terbentuk rongga-rongga bersekat menyerupai labirin sebagai tempat tinggal koloni semut.

Tumbuhan ini merupakan family Rubiaceae, memiliki 5 genus, tetapi hanya dua genus yang bermanfaat sebagai tanaman obat, yaitu genus Myrmecodia dan Hydnophytum. Pada genus Myrmecodia bentu umbinya dengan labirin yang kecil-kecil dan memiliki duri di bagian luar umbinya, tetapi untuk genus Hydnophytum mempunyai umbi berlabirin yang besar-besar di tidak terdapat duri di bagian luar umbinya. Jenis Myrmecodia pertama kali dikenali sebagai tanaman obat dan dipublikasikan pada tahun 1823 adalah spesies sarang semut bernama Myrmecodia pendans. Umbinya bisa mencapai diameter 25 cm dengan tinggi sekitar 45 cm.

Habitat Sarang Semut

Sarang semut pada umumnya di Kalimantan, terdapat di pepohonan yang sangat tinggi, yang tingginya sekitar 10 meter di daerah hutan rimba dan pegunungan. Bisa juga tumbuhnya di dataran rendah seperti tepi pantai yang memiliki pepohonan yang tinggi. Tumbuhan epifit ini berasal dari Asia tenggara dan kepulauan besar Queensland di Australia dan Kepulauan Solomon di Pasifik.

Di negara kita sendiri yaitu negara Indonesia, sarang semut dapat ditemukan di Kalimantan, Sumatera, Jawa, Maluku, hingga Papua. Di Kalimantan merupakan daerah dengan jumlah spesies sarang semut terbanyak. tumbuhan ini menempel pada pohon inang setinggi 10-15 meter dan berada pada ketinggian 1.100 sampai 2.500 meter di atas permukaan laut seperti pegunungan Jayawijaya di Papua dan pegunungan Meratus di Kalimantan.

 

Kapsul Sarang Semut Hiu Surabaya Murah

 

Tumbuhan epifit ini umbinya bisa terjuntai pada cabang-cabang tumbuhan inang. Sarang semut menghantarkan sari-sari makanan dan air melalui bongkol coklat keabu-abuan yang mengembang dan ditumbuhi duri-duri.

Umbi pada tumbuhan ini umumnya berbentuk bulat saat muda, kemudian menjadi lonjong memendek atau memanjang setelah tua. Umbinya hampir selalu berduri. Umbinya memiliki suatu system jaringan lubang-lubang yang bentuk serta interkoneksi dari lubnag-lubang tersebut sangat khas sehingga digunakan untuk mengembangkan system klasifikasi dari genus ini.

Tumbuhan ini biasanya memiliki satu atau beberapa cabang. Batangnya jarang ada yang bercabang. Bahkan pada beberapa spesies tidak bercabang sama sekali. Batangnya tebal dan internodalnya sangat dekat, kecuali pada pangkal sarang semut dari beberapa spesies.

Daunnya tebal seperti kulit. Pada beberapa spesies memiliki daun yang sempit dan panjang. Stipula (penumpu) besar, persisten, terbelah, dan berlawanan dengan tangkai daun (petiol), serta membentuk “telinga” pada klipeoli. Kadang-kadang terus berkembang menjadi sayap di sekitar bagian atas klipeolus.

Pembungaan mulai sejak beberapa ruas (internodal) terbentuk dan ada pada tiap nodus (buku). Dua bagaian pada setiap bunga berkembnag pada suatu kantong udara (alveolus) yang berbeda. Alveoli tersebut mungkin ukurannya tidak sama dan terletak pada tempat yang berbeda di batang. Kuntum bunga muncul pada dasar alveoli. Setiap bunga berlawanan oleh suatu brakteola. Bunga jarang kleistogamus(menyerbuk tidak terbuka) dan kadang-kadang heterostilus. Kelopak biasanya terpotong. Polen adalah 1-, 2-, 3-, porat (kolporat) dan sering 1, 2, 3 visikel sitoplasma yang besar. Buah berkembang dalam alveolus dan memanjat pada dasarnya menjadi menonjol keluar hanya setelah masak.

Keunikan sarang semut terletak pada interaksi semut yang bersarang pada umbi yang terdapat lorong-lorong di dalamnya. Kestabilan suhu di dalamnya membuat koloni semut betah berlama-lama bersarang di dalam tanaman ini. Dalam jangka waktu yang lama terjadilah reaksi kimia secara alami antara senyawa yang dikeluarkan semut dengan zat yang terkandung di dalam buah sarang semut. Akarnya tidak berfungsi sebagai penyerap unsur hara, hanya sebagai pengikat terhadap pohon inangnya. Benalu berbentuk bonggol inilah yang dimanfaatkan untuk diolah menjadi obat. Efek samping yang negatif dari sarang semut tidak ditemukan, sebaliknya dapat memperbaiki metabolisme tubuh, melancarkan peredaran darah sehingga stamina meningkat.

Berdasarkan hasil penelitian ilmiah dari Pusat Bioteknologi LIPI, terungkap bahwa Sarang Semut mengandung senyawa-senyawa aktif yang telah dikenal dalam dunia medis untuk pengobatan berbagai penyakit.

Dr. M. Ahkan Subroto, Ahli Peneliti Utama LIPI mengungkapkan bahwa senyawa aktif yang terkandung dalam Sarang Semut itu adalah flavonoid, tanin, dan poliefenol yang berfungsi sebagai antioksidan dalam tubuh.

Sebagai Obat Anti Kanker

Kanker merupakan salah satu penyakit yang paling ditakuti oleh banyak orang karena persentase kematiannya sangat tinggi. Kanker adalah suatu penyakit yang diakibatkan oleh pertumbuhan sel-sel jaringan tubuh yang tidak normal. Sel-sel kanker akan berkembang dengan cepat dan progresif, tidak terkendali, dan akan terus membelah diri, selanjutnya menyusup ke jaringan sekitarnya (invasive) dan terus menyebar melalui jaringan ikat, darah, dan menyerang organ-organ penting serta syaraf tulang belakang.

 

Sarang semut obat kanker

 

Dalam keadaan normal, sel hanya akan membelah diri jika ada penggantian sel-sel yang telah mati dan rusak. Sebaliknya sel kanker akan membelah terus meskipun tubuh tidak memerlukannya, sehingga akan terjadi penumpukan sel baru yang disebut tumor ganas. Penumpukan sel tersebut mendesak dan merusak jaringan normal, sehingga mengganggu organ yang ditempatinya.

Kanker dapat terjadi di berbagai jaringan dalam berbagai organ di setiap tubuh, mulai dari kaki sampai kepala. Bila kanker terjadi di bagian permukaan tubuh, akan mudah diketahui dan diobati. Namun bila terjadi didalam tubuh, kanker itu akan sulit diketahui dan kadang – kadang tidak memiliki gejala. Kalaupun timbul gejala, biasanya sudah stadium lanjut sehingga sulit diobati.

Langkah awal dalam pengobatan kanker adalah deteksi dengan benar bahwa gejala yang muncul pada tubuh pasien adalah benar-benar sel kanker ganas. Deteksi ini bisa dilakukan dengan pemeriksaan biopsy, sehingga langkah pengobatan bisa dilakukan secara cepat dan tepat. Langkah berikutnya adalah terapi pengobatan dengan cara konvensional. Namun pada kenyataannya pengobatan dengan cara ini sering kali kanker belum bisa diatasi secara total. Disinilah peran tanaman obat/herbal.

Peran utama herbal adalah meningkatkan daya tahan tubuh pasien dan melokalisir sel-sel kaker sehingga sel-sel kanker tidak mudah menyebar, dan lebih mudah diangkat, juga tidak bersifat toksik sehingga lebih aman untuk tubuh pasien.

Khasiat Herbal HIU Sarang Semut :

– Membantu mengatasi berbagai jenis kanker dan tumor seperti kanker payudara, leukimia, otak, paru-paru, rahim, protat, hidung, kulit, usus, lever
– Mengobati stroke berat, stroke ringan, rematik, nyeri otot, pegal linu, sakit kepala sebelah (migrain), gangguan ginjal dan prostat, TBC, dan paru-paru
– Membantu memperlancar peredaran darah
– Membantu meningkatkan vitalitas
– Meningkatkan stamina
– Mengatasi jantung koroner
Membantu mengobati wasir atau ambeien
– Membantu menghilangkan benjolan-benjolan pada payudara

Aturan Minum :

– Pengobatan 3 x sehari 3 kapsul diminum sampai sembuh, untuk hasil maksimal minum sampai 5 botol
– Pencegahan 2 x sehari 2 kapsul

Tidak dianjurkan bagi ibu hamil, ibu menyusui dan anak-anak dibawah 2 tahun

 

Jual Kapsul Sarang Semut Di Surabaya

Jual Kapsul Sarang Semut Di Surabaya JAKARTA – SURABAYA – BANDUNG – BEKASI – MEDAN – TANGERANG – DEPOK – SEMARANG – PALEMBANG – Jual Kapsul Sarang Semut Di Surabaya MAKASSAR – TANGERANG SELATAN – BOGOR – BATAM – PEKANBARU – BANDAR LAMPUNG – MALANG – PADANG – Jual Kapsul Sarang Semut Di Surabaya DENPASAR – SAMARINDA – BANJARMASIN – TASIKMALAYA- PONTIANAK-CIMAHI – BALIKPAPAN – Jual Kapsul Sarang Semut Di Surabaya JAMBI – SURAKARTA – SOLO – SERANG – MATARAM – MANADO – YOGYAKARTA – CILEGON – KUPANG – PALU – Jual Kapsul Sarang Semut Di Surabaya AMBON – SUKABUMI – CIREBON – BENGKULU – PEKALONGAN – KEDIRI – MADIUN – KENDARI – TEGAL – BINJAI – Jual Kapsul Sarang Semut Di Surabaya PEMATANGSIANTAR – JAYAPURA – BANDA ACEH – PALANGKARAYA – PROBOLINGGO – BANJARBARU – Jual Kapsul Sarang Semut Di Surabaya PASURUAN – TARAKAN – TANJUNGPINANG – GORONTALO – DUMAI – MADIUN – BATU – SALATIGA – Jual Kapsul Sarang Semut Di Surabaya PANGKAL PINANG – LUBUKLINGGAU – TERNATE – BITUNG – TANJUNGBALAI – TEBINGTINGGI – METRO – Jual Kapsul Sarang Semut Di Surabaya BONTANG – PADANG SIDEMPUAN – BLITAR – LHOKSEUMAWE – SINGKAWANG – PAREPARE- LANGSA – BANJAR – Jual Kapsul Sarang Semut Di Surabaya PRABUMULIH – MOJOKERTO – MAGELANG –  SORONG – PALOPO – BIMA – BUKITTINGGI – BAUBAU – BUKIT TINGGI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *